4 Tips Merancang Rumah Minimalis

Ada banyak alasan mengapa Anda harus memilih desain interior minimalis untuk rumah Anda. Salah satunya adalah rumah minimalis lebih santai dibandingkan dengan rumah yang terlalu banyak detail. Alasan lainnya adalah karena lebih mudah dibersihkan dan memancarkan tampilan berkelas. Rumah minimalis juga lebih mudah dan lebih murah untuk dirawat. Jika Anda berencana untuk mengubah interior rumah Anda ke gaya minimalis, berikut adalah beberapa tips renovasi yang harus Anda pertimbangkan:

Ketahui barang apa saja yang ingin Anda simpan.

Perlu Anda ketahui, rumah minimalis pada prinsipnya berusaha menciptakan ruang yang lebih luas. Maka dari itu jika saat ini Anda memiliki banyak barang yang berantakan, usahakan untuk membersihkannya dan singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Mengetahui barang apa saja yang Anda butuhkan dan barang apa saja yang perlu Anda buang adalah kunci utama ketika Anda ingin merenovasi rumah dan menciptakan kesan minimalis.

Menjaga kebersihan permukaan (lantai, dinding, meja dan sebagainya).

Rumah minimalis semestinya banyak memiliki area bebas, itu sebabnya Anda harus menyingkirkan barang-barang yang Anda anggap tidak terlalu penting. Ketika Anda merenovasi rumah untuk mendapatkan tampilan minimalis, maka langkah penting yang harus Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan lantai, dinding, meja dan berbagai perabotan yang ada. Selain itu, batasi perabotan atau dekorasi di dinding Anda. Usahakan pula di sudut dinding hanya terdapat satu hingga tiga dekorasi saja. Di ruang tamu, usahakan hanya terdapat sofa, meja kecil dan beberapa peralatan hiburan.

Membersihkan dinding dan menempatkan beberapa karya seni sederhana akan menciptakan kesan elegan namun terbuka dan lapang. Ini juga berlaku untuk jendela. Jika Anda ingin menggunakan kerai, pilihlah kerai kayu, atau bambu, dan jika Anda ingin menggunakan gorden, usahakan cari gorden yang tanpa motif.

Pilih warna netral.

Sebagian besar rumah minimalis memilih putih sebagai warna interior. Hal ini karena, warna putih menampilkan kesan ruang yang luas. Selain putih, abu-abu muda dan krem merupakan warna ideal untuk desain rumah minimalis, baik itu rumah minimalis satu lantai maupun desain minimalis 2 lantai.

Pilih barang yang berkelas dan berkualitas

Seperti yang telah ditekankan berkali-kali dalam artikel ini, rumah minimalis memiliki sedikit barang. Bahkan, di setiap ruang terlihat kosong. Itulah sebabnya kekurangan dekorasi dan furnitur harus Anda imbangi dengan memilih barang-barang yang berkualitas dan berkelas. Sebuah lukisan atau gambar dengan bingkai emas atau perak misalnya akan terlihat cantik di dinding putih. Perabotan harus ramping dan indah serta peralatan Anda haruslah yang menghemat ruang.

Itulah hal-hal yang perlu diingat jika Anda ingin rumah Anda memiliki nuansa minimalis yang segar dan santai. Nah jika Anda membutuhkan inspirasi untuk desain rumah minimalis silakan kunjungi katarumah.com. Demikian semoga tips-tips dalam artikel ini bisa membantu Anda mewujudkan rumah yang Anda impikan.