Rekomendasi Kamera untuk yang baru belajar Memotret

Dewasa ini fotografi tidak lagi menjadi profesi maupun hobi yang tersegmentasi. Fotografi menjadi sebuah hal yang umum dan menjadi tren di kalangan anak muda. Banyak yang baru mempelajari fotografi sebelum memiliki kamera sendiri. Banyak pula yang asal memilih kamera sementara belum memiliki dasar pemahaman fotografi. Berikut ini kamera yang cocok bagi anda yang sedang mulai belajar fotografi :

Canon EOS 1500D

Canon di kelas entry-level dikenal dengan kemudahan akses tombol-tombolnya yang cocok untuk pemula yang sedang belajar fotografi. EOS 1500D merupakan rangkaian dari konsistensi Canon untuk meng-update kelas ini sejak pertama kali meluncurkan seri 1000D. EOS 1500D dibekali sensor CMOS 24.1MP yang cukup besar dipadu dengan prosesor DIGIC 4+, 9 titik fokus, serta rentang ISO 100-3200. Kemampuan shutter nya mencapai 1/4000 dengan shutter berkelanjutan hingga 3fps yang memungkinkan mengambil gambar terus-menerus hingga 150 gambar jpeg, dan 11 gambar RAW. Keuntungan dari kamera Canon adalah fleksibilitasnya dengan berbagai lensa. Namun bagi pemula juga perlu memahami bahwa kerapatan gambar dari hasil jepretan Canon EOS hanya 72dpi, sehingga perlu proses editing untuk merapatkan hasilnya agar lebih tajam.

Nikon D3500

Nikon D3500 juga bisa menjadi pilihan bagi pemula fotografi. Harganya cukup terjangkau dengan teknologi terkini. Ukuran DSLR ini juga tidak terlalu besar sehingga nyaman dan ringan digenggam.  Dibekali Sensor CMOS 24.2MP DX-Format dengan prosesor EXPEED 4, kamera ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 1/4000 dengan pengambilan berkelanjutan hingga 5fps. Kelebihan lain adalah video HD dengan kepadatan 60fps. Untuk lensa, seri D3xxx hanya cocok dipakai dengan lensa DX, dan tidak cocok dengan lensa full frame. Namun ada “Guide Mode” yang memudahkan pemula untuk belajar.

Canon EOS 200D

EOS 200D merupakan salah satu DSLR yang berukuran cukup kecil mendekati ukuran kamera mirrorless. Kemampuan kamera ini tidak kalah dengan DSLR kelas entry-level dengan sensor 24.2MP dan sudah dijejali konektivitas bluetooth untuk tersambung dengan smartphone. Kamera ini juga sudah dibekali lensa EF-S 18-55mm F/4.5-6 IS STM yang tertanam stabilizer dan auto fokus yang halus dibanding pendahulunya. Kamera ini sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Nikon 1 J5

Di kelas entry level mirrorless ada Nikon 1 J5 yang merupakan keluaran terbaru dari Nikon. Mirrorless ini dibekali sensor 20.8 MP CX-Format BSI dipadu prosesor EXPEED 5A yang mampu menjepret hingga 20 fps, 105 titik fokus, kemampuan videografi yang mumpuni hingga ukuran UHD 2160 dengan kepadatan 15 fps dan HD 1080 dengan kepadatan 60fps. Pembelian paket J5 juga mendapatkan lensa kit 10-30mm VR (Vibration Reduction). Prosesor EXPEED 5A ini merupakan prosesor terbaik Nikon saat ini. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa membuat mirrorless ini cocok untuk berpetualang. Sayangnya, karena semua proses mengandalkan sistem digital tentu harus menyiapkan baterai cadangan. Setiap kamera yang dijual di pasaran memiliki segmentasi dan tujuannya sendiri-sendiri. Kamera Profesional seperti Canon 1DX mk II dan Nikon 5D ditujukan bagi mereka yang membutuhkan kecepatan untuk memotret objek di bidang kerjanya. Canon 5D mk IV dan Sony A7R II ditujukan bagi mereka yang gemar memotret dan membuat video di malam hari karena kemampuan penanganan noise yang sangat baik. Namun harga yang ditawarkan juga tidak murah, serta perlu dipahami bahwa setiap kamera memiliki “usia ketahanan tombol” yang berbeda-beda.  Oleh karena itu, munculah kelas entry-level yang ditujukan bagi anda yang sedang mulai belajar, dengan segala kemudahan dan kesederhanaannya.