Pentingnya Detoksifikasi Tubuh dalam Menurunkan Berat Badan

Detoks dalam diet bisa disebut sebagai salah satu kunci utamanya. Hal ini disebabkan karena diet yang dijalani dengan tubuh kotor memang tidak akan pernah berhasil.

Racun dan efeknya pada tubuh

Detoks adalah sebuah upaya mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun dalam tubuh ini bisa banyak sumbernya dan mungkin kita tidak ketahui. Ketika dalam tubuh anda ada banyak racun, maka anda akan merasakan tubuh anda tidak sehat, anda merasa lelah sepanjang waktu, otot tubuh anda terasa nyeri, sendiri terasa kaku dan masih banyak lagi hal yang lainnya. Munculnya gejala seperti yang disebutkan sebelumnya disebabkan karena racun menghalangi organ tubuh untuk beraktivitas secara maksimal sehingga masalah tersebut tidak bisa dihindari.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, racun yang masuk dalam tubuh bisa bersumber dari mana saja dari makanan, dari asap rokok atau bahkan dari udara yang kita hidup sehari-hari. Memang hal yang mustahil untuk menghindari racun sama sekali tapi anda bisa mengurangi kadar racun yang masuk ke dalam tubuh anda dan menguranginya.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi masuknya racun adalah dengan menghindari makanan-makanan yang memiliki potensi pembawa racun seperti makan makanan berupa ikan dari lautan yang rawan dengan kandungan merkuri satu mengonsumsi makanan berbahan kimia lainnya. Dan untuk mengeluarkan atau menguranginya satu-satunya yang bisa anda lakukan adalah dengan menjalankan detoks dalam diet anda.

Tubuh yang penuh dengan racun

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika tubuh anda memiliki jumlah racun yang terlalu banyak, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa tubuh anda sudah penuh racun dan perlu melakukan detoks? Salah satunya adalah dengan mengenali ciri-ciri tubuh yang mengalami memiliki banyak racun. Ketika tubuh anda memiliki banyak racun, maka salah satu hal yang akan anda hadapi adalah sulitnya menurunkan berat badan anda meski anda sudah menjalankan diet.

Ketika anda menjalankan diet yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, maka setidaknya akan ada penurunan berat badan sebanyak 5 hingga 10 kg dalam waktu yang singkat. Hal ini adalah hal yang sangat wajar dialami oleh orang-orang yang menjalankan diet dan memiliki kondisi tubuh yang normal. Berbeda jika tubuh anda penuh dengan racun, ketika tubuh anda penuh dengan racun, maka meski melakukan diet dengan menerapkan pola hidup sehat berat badan anda akan tetap sulit untuk turun. Jika anda mengalami hal ini jarang buru-buru stres dulu. Ambillah langkah pasti dengan yaitu dengan menerapkan detoks dalam diet anda.

Selain sulit menurunkan berat badan, orang yang dalam tubuhnya penuh racun biasanya memiliki ciri seperti berikut ini.

  • Rasa sakit di seluruh tubuh
  • Penyakit
  • Konstipasi
  • Dehidrasi
  • Rasa lelah berkepanjangan
  • Kekurangan oksigen
  • Sakit kepala
  • Dan juga Tubuh kurang energi

Melakukan detoksifikasi

Untuk anda yang ingin melakukan detoks, detoks secara alami dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi dengan alkaline. Berikut ini adalah sumber dari alkaline yang bisa anda dapatkan.

Campuran lemon dan air putih

Lemon adalah sebuah bahan yang memiliki sifat basa, anda bisa mengkonsumsinya dengan air di awal hari anda untuk membantu menetralkan ph dalam darah

Jus hijau

Makanan yang memiliki warna hijau adalah makanan yang memiliki kandungan alkali yang tinggi, dengan mengkonsumsinya anda bisa mendapatkan sumber alkali dan juga nutrisi lengkap

Wheatgrass juice

Wheatgrass atau rumput gandum memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Klorofil dalam tubuh manusia dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat darah menjadi lebih bersih. Selain dapat digunakan untuk detoks dalam diet, klorofil juga merupakan salah satu sumber mineral terbaik untuk tubuh.